Sisi Lain Kota Bandung - Bandungku
Connect with us

CITY NEWS

Sisi Lain Kota Bandung

mm

Published

on

Tanggal 25 September 2017 kemarin, Kota Bandung merayakan hari ulang tahun yang ke 207.  Ibu kota Provinsi Jawa Barat ini memang terkenal dengan pesonanya yang tak tertahankan. Baik wisata alam, wisata belanjanya semuanya tumbuh subur. Dilansir jakmall.com ternyata ada fakta unik tentang kota Bandung yang jarang masyarakat ketahui.

 

Keadaan alam kota Bandung seperti berada di tengah mangkok, karena dikelilingi pegunungan.Dinginnya kota Bandung ternyata menyimpan rahasia. Meski relative tidak terlalu tinggi, namun kota Bandung punya suhu rata-rata lebih rendah, itu karena disekelilinginya ada pegunungan.

Bandung punya festival film sendiri yang menolak bubar di tahun 90-an. Zaman orde baru, Festival Fil Indonesia (FFI) sempat vakum selama 12 tahun karena terpuruknya industry film dalam negeri. Namun lain halnya dengan Bandung yang punya Festival Film Bandung (FFB).

Nama jalan Pasteur di Bandung memang diambil dari nama Louis Pasteur. Louis Pasteur adalah penemu teknik pembunuhan bakteri yang disebut pasteurisasi. Iam mendirikan pusat penelitian bernama Pasteur Institute yang tersebar di 60 negara, salah satunya di kota Bandung.

Kota Bandung pernah dibakar oleh penduduknya sendiri. Meski julukan kota Bandung adalah Kota Kembang, namun kota Bandung lebih dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api. Istilah ini merujuk ke peristiwa yang terjadi di masa penjajahan dulu. Karena nggak rela kotanya ditempati Sekutu dan NICA, penduduk Bandung lebih memilih pergi setelah membakar seluruh Bandung Selatan. Sejarah Bandung ini diabadikan di lagu Halo Halo Bandung.

Hari ulang tahun Bandung sama dengan hari ulang tahun banyak orang terkenal. Ada beberapa artis terkenal yang hari ulang tahunnya berbarengan antara lain Will Smith, Katherine Zeta-Jones dan Michael Douglas.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CITY NEWS

Memasuki Masa Kampanye Pilbup Bandung Barat Ternyata Alat Peraga Belum Dibuat

mm

Published

on

Masa kampanye Pilbup Bandung Barat 2018 sudah dimulai sejak 15 Februari lalu. Namun hingga saat ini pihak KPU Bandung Barat ternyata belum mendistribusikan alat peraga kampanye (APK) dan alat bahan kampanye (ABK) kepda para calon pilkada.

Seperti yang dilansir pikiran-rakyat.com, Ketua KPU Bandung Barat Iin Nurdin mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan lelang untuk APK dan ABK. Karena berdasarkan data yang terdapat di Layanan Pengadaan Secara Elektronik, nilau untuk paket APK dan ABK tersebut sebesar 5,2 miliar rupiah.

Untuk saat ini KPU Bandung Barat masih dalam tahap pelelangan. Berharap dalam waktu dekat akan segera mendapatkan pemenang untuk lelang tersebut.

Baca Juga : Dukungan Artis Masuk Biaya Kampanye Pilwalkot Bandung

Meski KPU Bandung Barat belum mendistribusikan alat peraga dan alat bahan kampanye. Sejak 15 Februari lalu setiap paslon sudah dapat memasang APK/ABK yang diproduksi sendiri. Dengan mematuhi peraturan yang sudah ditentukan jumlahnya sebanyak maksimal 5 baligo.

Umbul-umbul untuk di setiap desa sebanyak 10 buah untuk setiap pasangan. Sementara itu spanduk sejumlah 2 untuk perdesa. Untuk bahan kampanye maksimal jumlah sebanyak kepala keluarga di Bandung Barat 551.000 untuk setiap jenisnya.

Dana Kampanye Pilbup Bandung Barat

pilbup bandung barat

Sumber: pikiran-rakyat.com

Setiap pasangan calon Pilbup Bandung Barat saat ini sudah menyerahkan rekening dan laporan awal dana kampanye. Jumlah setiap calon berbeda-beda.

Untuk pasangan calon Pilbub Emas (Elin Suharliah-Maman Sulaeman Sunjaya) Rp 500 juta. Kado (Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati) Rp 70 juta. Akur (Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan) Rp 15 juta.

Pada H+14 masa kampanye para pasangan calon diharapkan harus menyerahkan kembali laporan dana kampanye.

 

Continue Reading

CITY NEWS

Pembangunan LRT Metro Kapsul Kota Bandung Akan Dimulai

mm

Published

on

Proyek LRT Metro Kapsul Kota Bandung telah resmi dicanangkan mulai Senin, 12 Februari 2018. Pembangunan LRT ini memiliki nilai investasi Rp 1,38 triliun bekerja sama dengan Pemerintah Badan Usaha (KPBU) akan menjadi pionir sistem transportasi berbasis kereta ringan (LRT) di kota Bandung.

Pembiayaan investasi proyek ini 100% dari PT PP (Persero) Tbk. Sedangkan pemerintah kota Bandung menyediakan lahan melalui asset PD Pasar Kota Bandung. Sehingga trase koridor III ini akan terhubung melalui titik pasar yang dilalui Metro Kapsul Bandung.

Pasar yang akan dilalui oleh LRT Metro Kapsul Kota Bandung ini yaitu Pasar Baru, ITC Kebon Kalapa, Pasar Ancol, Pasar Palasari, dan Pasar Kosambi.

LRT Metro Kapsul Kota Bandung

Baca Juga : Dukungan Artis Masuk Biaya Kampanye Pilwalkot Bandung

Seperti yang dilansir pikiran-rakyat.com, Wali Kota Bandung yaitu Ridwan Kamil menyatakan bahwa pembangunana ini mimpi yang panjang setelah empat tahun dan sekarang dapat kita mulai. Ternyata bisa tanpa mengandalkan APBN. Biayanya sepertiga dari LRT Jabodetabek atau LRT yang sekarang ada di Palembang yaitu Rp 150 miliar per kilometer. Dengan panjang koridor III 8,5 kilometer, investasinya hanya Rp 1,4 triliun.

LRT Metro Kapsul Kota Bandung Teknologi Jepang

Untuk teknologi yang digunakan oleh LRT ini menurut Direktur PT PP (Persero) Tbk yaitu Lukman Hidayat menjelaskan bahwa komponen Metro Kapsul Bandung dijamin 98% kandungan lokal. Kereta ringan ini dirancang berjalan tanpa pengemudi. Tiketnya diperkirakan sekitar Rp 6.000.

Sedangkan untuk jarak tempuh untuk satu perjalanan penuh koridor III sekitar 15-20 menit, dengan kecepatan 40-80 km/jam. Selain itu teknologi strukturnya mneggunakan antigempa dari Jepang. Teknologi Jepang ini membuat tiang pancang bisa dikerjakan lebih cepat.

Continue Reading

CITY NEWS

Dukungan Artis Masuk Biaya Kampanye Pilwalkot Bandung

mm

Published

on

By

Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 tidak akan hanya diwarnai oleh dukungan partai politik. Dukungan artis pun akan turut memeriahkan Pilwalkot Bandung, selain itu dengan maraknya perkembangan media sosial dapat dihitung sebagai komponen biaya kampanye dukungan artis di media sosial.

Seperti yang dikatakan oleh Komisioner KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan bahwa promote oleh artis, posting di media sosial akan di konversi menjadi komponen biaya kampanye dan harus dilaporkan.

Dilansir pikiran-rakyat.com, komponen biaya akan diatur untuk menjadi dasar kesatuan untuk menghitung batasan biaya kampanye pasangan calon.

Untuk komponen biaya tersebut sudah berdasarkan Keputusan Wali Kota Bandung yang dirilis pada tahun 2016 tentang Standarisasi Harga Tertinggi Satuan Barang/Jasa di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tahun 2017.

Meski Sukarela Dukungan Artis Masuk Biaya Kampanye Pilwalkot Bandung

Di dalam aturan Pilwalkot Bandung tersebut tertuliskan batas maksimal harga satuan untuk jasa artis penyanyi nasional perkegiatan senilai Rp 25 juta dan band nasional Rp 100 juta.

pilwalkot bandung

Selain itu untuk biaya jasa pembawa acara perkegiatan dihitung Rp 15 juta. Media digital pun tidask luput dari peraturan Pilwalkot Bandung harga untuk satu paket kampanye melalui media sosial dibatasi maksimal Rp 200 juta.

Meski artis menyatakan secara sukarela untuk mendukung pun sudah terhitung sebagai dukungan yang harus dibiayai. Seperti ketika kandidat mendatangkan artis meski artis tersebut datang dengan sukarela maka tetap dikonversi dan dianggap menyumbang jasa.

Standar biayanya pun setiap daerah berbeda-beda. Saat ini KPU sedang menunggu kesepakatan dari tim pemenangan pasangan calon untuk menentukan batasan dana kampanye Pilkada Serentak 2018.

Baca Juga : Perbaikan Trotoar di Bandung Molor, Pemkot Siapkan Sanksi Bagi Kontraktor

Continue Reading

Trending