Mengusut Asal Usul Pecel Lele - Bandungku
Connect with us

KULINER

Mengusut Asal Usul Pecel Lele

mm

Published

on

Namanya pecel biasanya orang langsung tertuju pada makanan khas Jawa Timur yang isinya sayuran campur, dibalur dengan sambel kacang di atasnya dan biasanya disajikan di atas daun pisang. Kadang pecel enak ditemani dengan aneka gorengan, seperti bakwan, tempe mendoan atau tahu goreng. Seorang kawan heran ketika datang ke Jakarta dan menemukan pecel yang dia inginkan tidak sesuai dengan ekspektasinya seperti pecel yang biasa dijual di daerah Jawa Timur. Ketika ia mendatangi warung pecel lele, dia bingung karena di dalam “pecel” tersebut tidak ada sayur mayur dengan bumbu kacang. Padahal, warung itu tertulis “Pecel Lele Lamongan”.

Usut punya usut, ternyata Pecel Lele yang saat ini tersebar luas di Bandung—sama halnya seperti penyebaran franchise makanan cepat saji—sebetulnya memang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Lalu apa yang membuat Pecel Lele tersebut tidak seperti pecel sayur berbumbu kacang?

Pada dasarnya Pecel Lele Lamongan yang saat ini dijual di Jakarta, mempunyai nama asal “Pecek” yang artinya lauk yang dipenyet atau digeprek kemudian diberi sambal, di atas atau di samping lauk itu. Pecek memang bermacam-macam. Ada pecek lele, pecek ayam atau pecek terong.

Sesampai di Jakarta, nama pecek asal Jawa Timur bersaing dengan masakan khas Betawi yang bernama pecak. Bahan pecak pun hampir mirip dengan pecek, biasanya lauk yang dijadikan pecak adalah ikan air tawar salah satunya pula lele yang digoreng. Bedanya, sambal pecak agak berkuah dan kadang diberi santan, sedangkan sambal pecek yaitu cabe, bawang dan terasi.

Biar pecek dan pecak tidak saling mencak-mencak, pecek lele mengalah dan merubah nama menjadi pecel. Sedangkan pecel sayur pun juga tetap eksis beredar di Jakarta dengan saus kacangnya.

CAFE DAN RESTO

Ini Dia 3 Sajian Steak di Bandung yang Recommended

mm

Published

on

By

Steak di Bandung

Siapa sih yang gak suka steak? Hidangan daging khas western ini sangat diminati di Indonesia, begitu pun di Bandung. Banyak sekali tempat makan yang menyediakan sajian steak di Bandung. Mulai dari yang murah, hingga yang mahal sekali pun.

Tempat-tempat tersebut berlomba-lomba untuk memberikan steak yang nikmat. Meski tempat yang menjual steak di Bandung begitu melimpah, namun ada tiga tempat yang sangat direkomendasikan.

Lantas di mana sajakah ketiga tempat tersebut? Berikut adalah tiga sajian steak di Bandung yang recommended, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (09/02/2018).

1. Sirloin steak khas Resto Doublesteak

Steak di Bandung

Foto: Tribunnews.com

Tempat recommended makan steak di Bandung yang pertama adalah Resto Doublesteak. Resto ini berlokasi di Jalan Bengawan, No 78, Kota Bandung.

Sesuai namanya, Resto Doublesteak khusus menyajikan menu daging steak kekinian yang sangat lezat. Selain itu, tempatnya pun keren dan nyaman untuk nongkrong.

Untuk menu daging steak yang paling banyak difavoritkan oleh pengunjung di Resto Doublesteak adalah sirloin steak-nya. Sajian sirloin steak di sini terdiri daging sapi khas luar yang ada lemaknya (didaerah perut). Ditambah juga dengan potongan wortel, potongan buncis, buliran jagung, potongan kentang goreng granola.

Dari keseluruhan bahan tersebut, kemudian sajian itu ditata rapi di atas sepiring hotplate yang berbentuk bulat.

Untuk sausnya, anda dapat memilih tiga pilihan saus spesial ala Doublesteak, yakni barbeque, blackpepper, dan mushroom. Ketiga saus tersebut memiliki tesktur yang kental dan sangat nikmat dipadukan dengan olahan dagingnya. Sebagai pelengkap, juga disediakan saus tomat dan saus sambal yang dikemas di dalam botol pelastik.

Bagi Anda yang tertarik mencicipinya, satu porsi sirloin steak dihargai mulai dari Rp 27.000-Rp 41.000, yang disesuikan pada sajian reguler dan double. Untuk jam operasionalnya, Resto Doublesteak dibuka setiap hari pada pukul hari pada pukul 12.00 WIB-22.00 WIB, kecuali di weekend tutup hingga pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: 5 Bakso Besar di Bandung yang Wajib Dicoba

2. Steak Berbalur Keju khas Raclette di Bilbao Brasserie

Steak di Bandung

Foto: Tribunnews.com

Tempat makan steak di Bandung selanjutnya adalah Bilbao Brasserie. Resto ini berlokasi di Jalan Cimanuk No 12, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Bilbao Brasserie menyajikan pilihan menu steak premium yang dipadukan dengan raclette cheese, jenis keju yang berasal dari Wallis Swis dan Savoie Prancis. Keju yang dibuat dari susu sapi yang dipasteurisasi ini biasanya dimakan bersama kentang rebus, roti bakar, dan daging panggang.

Pengunjung bisa meminta steak disajikan langsung dengan raclette yang melumuri bagian atasnya maupun secara terpisah. Jika ingin disajikan terpisah, raclette akan diberikan di sebuah kompor kecil sehingga pelanggan bisa mencocolnya sesuai selera.

Keju raclette berbeda dengan keju mozzarella. Keju raclette lebih gurih, beraroma menyengat, dan cocok disajikan dengan steak yang pada dasarnya memiliki rasa yang datar.

Jika Anda ingin mencoba sajian steak paling istimewa di sini, pilihlah sirloin wagyu. Daging sapi berkualitas tinggi ini disajikan sebanyak 200 gram. Untuk bisa menikmati menu istimewa ini, Anda perlu merogoh kocek Rp 500 ribu.

Menu makanan bisa dinikmati dengan harga mulai Rp 39 ribu. Steak paling favorit yakni tenderloin bisa disantap dengan harga Rp 189 ribu. Menu nusantara di sini pun tak kalah lezatnya. Menu lemon grass chicken bisa dinikmati seharga Rp 60 ribu.

Tempat steak di Bandung yang satu ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB.

3. Steak Dadu (wagyu saikoro steak) khas Hilton Bandung

Untuk menikmati steak dadu ini, anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi hotel Hilton Bandung. Hilton Bandung sendiri berlokasi di Jalan HOS Tjokroaminoto No 41-43, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung.

Hilton Bandung turut menawarkan menu berbahan dasar wagyu untuk hidangan khas Jepang. Namanya wagyu saikoro steak. Steak yang satu ini disajikan dengan cara dipotong berbentuk dadu. Daging sapi khas Jepang yang telah dipotong dadu itu kemudian dipanggang.

Setelah itu, daging diberi saus agar rasanya lebih lezat. Saus yang digunakan aneka ragam, ada saus teriyaki, asam manis dan teppanyaki. Sementara saat dihidangkan, ditambahkan pula asparagus.

Wagyu saikoro steak ini terasa sangat lembut dan juicy saat disantap. Meski dengan bumbu sederhana, rasanya tetap lezat karena kualitas daging sapinya yang memang premium. Wagyu saikoro steak ini bisa dinikmati bersama nasi putih atau kentang goreng. Semua tergantung selera, namun orang Jepang umumnya menyantapnya bersama nasi putih.

Baca Juga: Mantap! Ini 5 Batagor Bandung yang Hits dan Legendaris

Continue Reading

KULINER

Kue Balok Bandung, Jajanan Jadul yang Tidak Boleh Dilewatkan

mm

Published

on

By

Sudah tidak asing jika Bandung di kenal dengan kota kuliner. Banyak makanan maupun jajanan yang unik dan kreatif mulai dari yang jadul hingga kekinian. Namun untuk kalian yang akan mampir ke Bandung jangan sampai melewatkan salah satu jajanan jadul ini yaitu kue balok Bandung.

Ada beberapa kue balok Bandung yang melegenda bahkan sampai antri untuk membelinya. Bandungku akan memberikan rekomendasi tempat jajanan kue balok.

Kue Balok Bandung Kang Didin

kue balok bandung

Sudah setengah abad lebih kue balok kang Didin menemani pecinta kuliner Bandung. Jika kalian ingin menikmati kue balok kang Didin, bisa datang ke sekitar area Bandara Husein Sastra Negara yang bertepat di Jalan Abdurrahman saleh No.52.

Meski kios ini sederhana namun pelanggan rela antri untuk membeli kue balok ini. Harga yang ditawarkan pun cukup murah mulai dari Rp.2.000 untuk kue balok rasa original dan Rp.2.500 untuk berbagai varian rasa seperti green tea, original, coklat, strawberi dan keju.

Untuk kalian yang akan datang kesini, kue balok kang Didin buka dari sore hingga malam hari. Pada hari minggu kue balok ini tutup.

Kue Balok Bandung Mang Udju

kue balok bandung

Untuk kue balok yang satu ini ada 2 lokasi yaitu di sekitar pasar Cihapit dan yang ke dua berada di Jalan Purwakarta No.35 Antapani Bandung. Pelanggan yang datang pun diberikan antrean karena saking banyaknya yang ingin membeli kue balok tersebut.

Kue balok ini dinilai lebih special karena adonannya yang kental. Dalam pembuatannya tidak menggunakan air melainkan menggunakan susu murni.

Varian rasa yang ditawarkan oleh kue balok mang Undju ini terdiri dari vanilla, brolok/brownies dan green tea. Ada juga beberapa topping seperti keju, kacang madu, kacanag almond, kismis, chocho chip. Harganya pun sangat murah satu kue balok dihargai Rp.2.000.

Baca Juga : Roti Sidodadi Yang Melegenda di Bandung

 

Continue Reading

KULINER

Roti Sidodadi Yang Melegenda di Bandung

mm

Published

on

By

Untuk warga Bandung yang suka banget sama roti jangan ngaku belum pernah mencoba roti sidodadi. Toko roti ini sudah buka sejak tahun 1954-an tempatnya pun tidak berubah masih berada di Jalan Otista No.225. Nuansa jadul masih terasa jika kalian berkunjung kesini. Meski sederhana namun roti sidodadi ini mempunyai tempat di hati warga Bandung.

roti sidodadi

Toko roti ini buka pada pukul 10.00 pagi namun tidak jarang jika kurang dari jam 15.00 roti yang di dalam etalase sudah habis. Jadi jika kalian tidak ingin kehabisan harus datang kesini jam 10.00 pagi.

Jangan mengharapkan bentuk rotinya seperti yang ada di mall. Meski lawas eksistensi roti sidodadi jangan diragukan lagi karen aterbukti setiap hari toko ini selalu dipadati oleh pengunjung.

Harga Roti Sododadi Murah Meriah

roti sidodadi

Pilihan roti yang ditawarkan pun sangat beragam mulai dari roti rasa coklat, susu keju, jagung, strawberry kacang coklat sampai smoked beef.

Keunikan yang dimiliki oleh roti sidodadi yaitu cara memasaknya. Untuk memasaknya roti ini menggunakan arang sebagai bahan bakar, sehingga memberi aroma khas tersendiri. Selain itu tidak menggunakan bahan pengawet.

Untuk masalah harga warga Bandung jangan khawatir karena harga yang ditawarkan tidak akan membuat dompet kalian bolong. Roti satuan dijual dengan harga dari Rp3.400-Rp4.500. Sedangkan roti besar seharga Rp11.000-Rp.19.000.

Roti ini sangat cocok dijadikan teman ngopi warga Bandung di pagi hari. Selain itu roti ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga : Cuaca Panas? Cobain Es Sekoteng yang Satu Ini

Continue Reading

Trending