Dr. Reiva, Dokter Kulit Cantik dan Ramah di Bandung - Bandungku
Connect with us

ETALASE

Dr. Reiva, Dokter Kulit Cantik dan Ramah di Bandung

mm

Published

on

Bandung sebagai salah satu kota besar di Indonesia terkenal akan julukan bahwa wanita Bandung itu cantik-cantik. Sehingga Bandung sangat berpotensial untuk pengadaan fasilitas pelayanan kecantikan. Salah satunya adalah berkembangnya klinik estetika di Bandung. Saat ini Bandung banyak mempunyai dokter estika terkenal salah satunya Dr. Reiva Farah Dwiyana, dr. SpKK, M.Kes.

Dokter kulit yang mempunyai paras cantik ini menyelesaikan pendidikan di fakultas kedokteran spesialis kulit dan kelamin di Universitas Padjadjaran (UNPAD). Dengan latar belakang keluarga yang berprofesi sebagai dokter maka sudah dari kecil akrab dengan dunia kedokteran. Setelah lulus dari FK UNPAD ia juga menjadi dosen di universitas tersebut.

Setelah menjadi dosen, Dr. Reiva melihat bahwa menjadi dosen merangkap dokter merupakan suatu hal yang mulia karena kita sering mengobati dan kita juga mengajarkan bagaimana cara mengobati. Sehingga dokter merupakan profesi yang berguna dan bermanfaat untuk orang lain. Tidak hanya mengobati pasien namun juga mendidik calon dokter.

Berawal ingin menjadi dokter anak

Saat Dr. Reiva menjalani pendidikan S1 di FK UNPAD ia ingin menjadi seorang dokter anak. Namun setelah lulus saat menjadi koas selama 2 tahun di rumah sakit ternyata untuk mengahadapi pasien anak diperlukan penangan khusus.

dr. reiva

Akhirnya setelah melihat hal tersebut Dr. Reiva tertarik menjadi dokter kulit. Ia pun mengambil spesial kulit dan kelamin di FK UNPAD. Setelah lulus Dr. Reiva menjadi staff dan ditempatkan di bagian dermatologi anak. Namun jika praktek Dr. Reiva tidak hanya menangani pasien anak namun secara keseluruhan mulai dari kosmetik dll.

Kesulitan dalam bidang kedokteran

“Kesulitan yang dialami saat menjadi dokter itu saat proses pembelajaran. Karena saat sekolah FK banyak yang harus dipelajari. Meski awalnya kita ada kesulitan dalam materi yang tidak kita sukai namun pada saat pengaplikasiannya akan leboh terbayang.” Ujar Dr. Reiva saat ditemu di tempat kliniknya.

Awalnya Dr. Reiva mengira memplajarikulit itu mudah, namun ternyata banyak divisi-divisi lain yang lebih luas. Seperti saat Dr. Reiva mengambil pendidikan S3. Ia mengungkapkan bahwa saat S3 itu adalah yang tersulit. Karena untuk menyelesasikan disertasi mengenai vitiligo, Dr. Reiva harus pergi ke Jepang selama 3 bulan untuk melakukan penelitian.

Penyakit vitiligo itu sendiri merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh kehilangan pigmen kulit. Sehingga kulitnya berwarna putih. Vitiligo merupakan penyakit tertua yang pernah ditemukan di kulit. Penyebabnya pun sampai saat ini belum diketahui sehingga pengobatannya pun belum ada.

Aktif di berbagai organisasi

Selain mempunyai jadwal yang padat sebagai dokter di RS Hasan Sadikin Bandung, ia juga praktek di klinik Tivaza yang berada di jalan Cipaganti. Dr. Reiva sudah tujuh tahun praktek di klinik Tivaza sejak dibuka pada tahun 2010.

Namun di RS Hasan Sadikin, Dr. Reiva lebih banyak mengajar dan memanajemen. Karena Dr. Reiva di RS Hasan Sadikin sebagai SPS (Sekertaris Program Studi) sehingga ia mengajar juga kepada mahasiswa yang ada di RS tentang dermatologi anak.

Dr. Reiva yang ramah ini jug aktif diberbagai organisasi seperti Dermatologi Anak Indonesia, Sekertaris PERDOSKI di Bandung, Pengurus pusat PERDOSKI di Jakarta bidang dua mengenai pendidikan dan profesi, dan di Kolegium perhimpunan sekolah kulit se Indonesia.

Kesalahan pemilihan kosmetik

Klinik Tivaza  ini merupakan klinik utama kulit sehingga dari kepala sampai kaki dan semuanya berhubungan dengan kulit. Sehingga saat datang kesini dapat konsultasi permasalahan kulit Anda, baik kosmetik (misalnya jerawat, penuaan) ataupun masalah kesehatan kulit seperti alergi, eksim, kulit sensitif, infeksi, dan lainnya.

dr. reiva

fasilitas yang ada di klinik dokter kulit Tivaza Bandung

dr. reiva

fasilitas yang ada di klinik dokter kulit Tivaza Bandung

Dr. Reiva yang bertempat praktek disini mengatakan bahwa pasien yang datang hampir 60% dikarenakan masalah kosmetik atau estetika. Setelah itu kulit anak, alergi, infeksi, eksim bahkan infeksi menular seksual.

“Jangan menggunakan krim online karena mereka tidak tahu kondisi kulit kita seperti apa, dan facial ditempat yang tidak jelas karena ada beberapa bagian yang tidak boleh dikeluarkan malah dikeluarkan, terkadang juga bukan ditangani oleh dokter yang kurang kompeten dibidangnya.” Ujar Dr. Reiva.

Perkembangan klinik estetika

dr. reiva

Kegiatan Dr. Reiva di klinik Tivaza saat melakukan perawatan pada pasien

Dunia estetika saat ini memang sedang digemari tidak hanya di Bandung saja. Kultur orang Bandung pada dasarnya memang cantik, bagus kulitnya dan senang bersolek. Tentunya akan membuat perkembangan klinik estetika akan cepat menjamur.

Tidak dapat dipungkiri dengan didukung promosi iklan yang besar sehingga banyak orang yang ingin menjadi cantik. Apalagi di zaman sekarang informasi tidak dapat di bending seperti media social yang terlihat cantik padahal menggunakan beauty application di handphone.

Namun kita juga harus waspada. Menurut Dr. Reiva, banyak klinik kecantikan yang hanya ditangani oleh dokter umum bahkan non dokter sehingga itu sangat berbahaya. Meskipun mereka tau itu penyakit jerawat namun mereka tidak mengetahui bagaimana terjadinya penyakit tersebut. Misalnya pada saat stadium 1 diberikan pengobatan seperti ini. Sehingga obatnya tidak bisa disamaratakan.

Serta sangat disayangkan bahwa banyak dokter umum yang hanya berbekal kursus singkat,  sehingga tidak sesuai dengan kompetensi. Dan yang lebih parah cream online yang menyamaratakan kondisi kulit padahal ia tidak mengetahui flek itu jenisnya apa.

Rencana ke depan

Dokter yang mempunyai satu anak ini ingin dokter kulit Indonesia mampu bersaing setidaknya di Indonesia. Jangan samapi kalah dengan dengan dokter-dokter asing. Karena saat ini kita sudah masuk masyarakat ekonomi ASEAN. Sehingga kita harus menjadi tuan rumah di negara sendiri. Jika perlu dokter Indonesia yang pergi ke luar negeri.

Beauty isn’t always being white

Pesan Dr. Reiva untuk warga Bandung saat ditemui di klinik. Ia berpesan tetap menjaga kebersihan seperti mandi, menggunakan tabir surya meski Bandung bukan daerah yang terlalu panas. Serta jangan sering menganti-ganti kosmetik apalagi tergiur iklan di tv maupun online.

Dr. Reiva dengan tegas juga mengatakan bahwa beauty isn’t always being white. Tidak hanya putih saja yang cantik. Semua warna kulit itu cantik hanya saja bagiaman kita merawatnya. Kita juga harus be yourself sehingga inner beauty akan keluar.

Dokter yang mencintai Bandung ini juga berpesan Bandung itu harus direnovasi  bukan hanya dari estetikanya saja.  Namun harus dilihat pendidikan, trotoar yang penuh dengan tukang jualan. Karena Bandung itu kota pendidikan, entertainment dan historis. Sehingga Bandung itu harus komprehensif.

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

ETALASE

Wow ! Inilah Alasan Ilmiah Terlambat Bukan Berarti Malas

mm

Published

on

By

Warga Bandung sering terlambat ketika sudah membuat janji? Atau ada teman yang suka sekali datang terlambat? Untuk di Indonesia mungkin hal tersebut bukan sesuatu yang aneh. Bahkan sampai ada istilah jam karet. Namun alasan ilmiah terlambat bukan berarti malas, bandungku akan memberikan pemaparannya.

Keterlambatan terkadang selalu diidentikan dengan hal-hal negatif seperti tidak sopan, malas, atau hidupnya tidak teratur, dll. Maka kita saat ini harus menyingkirkan pemikiran seperti itu.

Alasan Ilmiah Terlambat Bukan Berarti Malas

Kalian harus mulai memahami bahwa orang datang terlambat bukan dikarenakan keegoisannya saja. Namun mereka pastinya memiliki alasan tersendiri, misalnya mereka memiliki keingan untuk menjaga hubungan dengan teman, kerabat, keluarga, dll.

Kita juga tidak dapat menyimpulkan bahwa mereka yang terlambat tidak memiliki kepribadian terorganisir yang baik. Namun orang-orang seperti ini sangat paham akan dampak dari keterlambatan mereka terhdapa pekerjaan maupun hubungannya dengan orang lain.

Baca Juga : Ternyata 5 Kebiasaan Ini Penyebab Kanker Kulit

Seperti yang dilansir oleh BBC, ada alasan secara psikologis mengapa  orang datang terlambat. Orang0orang seperti ini cenderung memiliki pemikiran luas dan mengatur skal prioritas.

Misalnya mereka harus lebih memilih untuk mengurus sesuatu yang lebih penting. Namun keterlambatan juga dapat diartikan karena seseorang tersebut memiliki kepribadian yang optimis, kurang bisa mengendalikan diri, mudah merasa gelisah karena hal-hal kecil atau gemar mencari sensasi.

Tingkat Kecemasan Mempengaruhi Untuk Terlambat

alasan ilmiah terlambat bukan berarti malas

Keterlambatan juga merupakan perilaku kognitif dan psikologis dari akibat kondisi kesehatan mental atau neurologis yang menyedihkan. Misalnya jika ada seseorang mengalami depresi akan cenderung kehabisan tenaga, sehingga mereka akan kesulitan mengumpulkan tenaga untuk melakukan sesuatu.

Orang-orang yang mempunyai kecemasan yang tinggi cenderung menjadi pribadi yang perfeksionis dengan apa yang mereka kerjakan. Jadi mereka akan menggunakan waktu lebih lama dan tidak bisa mengejar deadline.

Orang perfeksionis akan bisa telat karena proses berpikir. Karena proses berpikir mereka terlalu detail dan panjang.

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading

ETALASE

Ternyata 5 Kebiasaan Ini Penyebab Kanker Kulit

mm

Published

on

Saat kita membicarakan tentang kulit maka akan kebanyakan orang membicarakannya dari sudut pandang kecantikan dibandingkan kesehatan. Bahkan banyak wanita maupun pria melakukan perawatan kulit untuk menjaga luar kulit. Bandungku akan memberikan info kebiasaan yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Banyak orang yang kurang peduli terhadap kesehatan kulitnya. Namun kalian juga harus mulai sadar bahwa kulit juga merupakan organ tubuh yang harus dirawat jangan sampai kebiasaan ini tidak diperhatikan.

5 kebiasaan yang dapat menyebabkan kanker kulit

1. Tidak memakai tabir surya

kanker kulit

Penyebab pertama dari 5 kebiasaan yang dapat menimbulkan kanker kulit yaitu sinar ultra violet dari matahari. Sinar ultraviolet dapat menyerang manusia dalam rentang waktu singkat. Jadi kalian jangan lupa menggunakan lotion tabir surya setiap hari.

2. Mengkonsumsi gula berlebih

kanker kulit

Sejumlah penelitian mengungkapkan mengkonsumsi makanan bergula seperti permen, coklat, minuman ringan, dll secara teratur dapat menjadi salah satu penyebabnya. Kelebihan gula juga dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dll.

3. Merokok

kanker kulit

Ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa nikotin yang terhirup saat merokok dapat menyebabkan kanker kulit.

4. Menggunakan handphone terlalu lama

kanker kulit

Handphone saat ini menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun membiarkan ponsel dekat tubuh dalam waktu yang lama dapat menyebabkan juga. Dikarenakan gelombang radio frekuensi yang dipancarkan dari ponsel.

5. Duduk terlalu lama

kanker kulit

Fakta mengejutkan salah satunya yaitu duduk terlalu lama dapat menyebabkan kanker kulit. Karena duduk lama di depan komputer dapat mengurangi elastisitas kulit.

Baca Juga : Lima Aplikasi Pola Hidup Sehat Untuk Bantu Jalani Harimu

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading

ETALASE

Lima Aplikasi Pola Hidup Sehat Untuk Bantu Jalani Harimu

mm

Published

on

Aplikasi Pola Hidup Sehat

Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi telah membuat hidup semakin mudah, terlebih dengan adanya smartphone. Banyak aplikasi yang dapat membantu kita untuk beraktivitas, termasuk aplikasi pola hidup sehat.

Aplikasi pola hidup sehat belakangan ini menjadi semakin populer. Aplikasi ini dapat membantu kita hidup sehat tanpa harus mengunjungi dokter maupun tempat kebugaran. Terlebih bagi orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Mereka hanya tinggal melihat layar smartphone-nya, tanpa harus menghabiskan banyak waktu.

Dengan banyaknya aplikasi pola hidup sehat yang ada, aplikasi mana saja yang paling baik? Bandungku merekomendasikan lima aplikasi pola hidup sehat terbaik. Berikut ulasannya, dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, Senin (12/02/2018).

1. Menurunkan Berat Badan 30 Hari

Aplikasi pola hidup sehat yang pertama adalah Menurunkan Berat Badan 30 Hari. Dalam aplikasi ini, disiapkan program latihan dan diet untuk membantu anda menurunkan berat badan dalam 30 hari. Mengikuti program ini, anda dapat dengan mudah menurunkan berat badan dan membuat tubuh anda lebih indah.

Setiap hari, anda akan meningkatkan beban latihan. Siapa pun dapat melakukan mereka di mana saja. Mulai dengan program diet dan menjaga makanan dengan menu 30 hari dan lakukan latihan ini untuk membakar lemak. Terdapat hari istirahat untuk mengembalikan energi dan fitur reminder untuk memotivasi, juga ada progres berat badan dan pembakaran kalori melalui fitur results.

2. Sleep as Android

Sleep as Android direkomendasikan untuk anda yang sering berasa letih saat bangun pada pagi hari. Tanpa perlu menggunakan jam tangan pintar, anda bisa men-track fase tidurmu dengan mudah.

Untuk para lelaki, aplikasi ini juga mendeteksi waktu saat kamu mulai mendengkur dan menganalisis kualitas tidurmu. Menarik bukan?

Baca Juga: Ini 5 Aplikasi Kontroversial Smartphone, Nomor 5 dari Indonesia!

 3. Twilight

Aplikasi ini direkomendasikan untuk anda yang sering menatap ponsel sebelum tidur. Bila digunakan secara rutin, mata Aada akan menjadi tidak terlalu lelah.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Cukup memasukkan jam terbit dan tenggelam matahari di zona waktu dan Twilight akan menyesuaikan warna layar dari waktu ke waktu.

 4. Pengingat Waktu Minum Air – Water Drink Reminder

Dengan pilihan delapan macam gelas untuk anda gunakan, aplikasi ini membantu anda terbiasa untuk minum secara teratur serta merekam kegiatan minum dengan akurat. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi di ponsel sehingga anda seakan-akan memiliki seseorang yang memperhatikan kesehatan secara rutin.

5. Habit Tracker

Habit juga dilengkapi dengan poster kata-kata motivasi serta rewards setiap kali anda berhasil mencapai target. Bayangkan saja aplikasi ini seakan-akan anda sedang bermain gim. Tantang diri anda untuk menyelesaikan berbagai misi dan hadiahi diri anda jika berhasil menyelesaikan tugas.

Aplikasi ini membantu anda mencapai resolusi hidup, tulis target dan track kegiatan anda setiap hari. Anda juga bisa mengatur jenis aktivitas, seberapa sering ingin melakukannya serta mengaktifkan fitur reminder. Terdapat rangkuman data yang menunjukkan seberapa sukses anda menjalankan resolusi yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Ternyata 7 Jenis Penyakit yang Berkaitan dengan Emosi

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading

Trending