Ini 5 Aplikasi Kontroversial Smartphone, Nomor 5 dari Indonesia! - Bandungku
Connect with us

TEKNO

Ini 5 Aplikasi Kontroversial Smartphone, Nomor 5 dari Indonesia!

mm

Published

on

Aplikasi Kontroversial

Aplikasi sudah seperti ‘nyawa’ bagi keberadaan smartphone. Bagaimana tidak, aplikasi bisa disebut salah satu penyebab utama mengapa kebanyakan orang menggunakan smartphone. Kegunaannya yang beragam, sangat membantu orang-orang untuk menjalani aktivitasnya. Namun, ternyata masih terdapat cukup banyak pula aplikasi kontroversial.

Alasan mengapa aplikasi tersebut disebut kontroversial bermacam-macam. Bisa karena layanan yang di tawarkannya, ataupun dianggap menyakiti kelompok tertentu. Namun, tak dapat dipungkiri kehadiran aplikasi kontroversial itu memberi warna tersendiri bagi perkembangan teknologi di dunia.

Dengan munculnya kontroversi tersebut, tak sedikit pula aplikasi yang ditarik kembali ataupun diblokir. Lantas apa saja perangkat lunak yang dianggap sebagai aplikasi kontroversial? Berikut lima aplikasi kontroversial yang pernah maupun masih ada, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (01/11/2017).

 

1. FaceApp

Aplikasi Kontroversial

Foto: ytimg.com

Aplikasi yang menyediakan layanan edit foto ini cukup digandrungi karena kemampuannya yang bisa mengubah foto seseorang. Namun fitur anyar yang dirilis FaceApp beberapa waktu lalu ternyata menuai protes.

Hal itu dikarenakan aplikasi ini menghadirkan fitur bernama “Ethnicity Change Filters”. Fitur ini menyediakan sejumlah pilihan filter warna kulit, seperti Black, Asian, Indian, hingga Caucasian.

Mengingat banyaknya protes, filter ini akhirnya resmi ditarik oleh FaceApp pertengahan bulan ini. Sebelumnya, fitur lain yang juga menuai protes adalah “Spark”, karena memungkinkan mengubah wajah seseorang termasuk warna kulitnya.

2. I-Doser

Aplikasi Kontroversial

Foto: scdn.co

Aplikasi ini sempat naik daun pada 2015 karena disebut-sebut merupakan narkoba digital. I-Doser mengeluarkan layanan gelombang suara yang dapat menstimulasi otak dan membuat pendengarnya ketagihan seperti memakai narkoba.

Namun kabar itu langsung dibantah oleh Badan Narkotika Nasional. Setelah dilakukan penyelidikan mendalam terhadap aplikasi tersebut, BNN menemukan tak ada hal berbahaya dari I-Doser.

Meski dapat dipastikan tak berbahaya, BNN tetap meminta pengguna berhati-hati terhadap aplikasi ini. Sebab, suara yang dikeluarkan oleh aplikasi kontroversial ini dapat menstimulus otak dan mengubah keadaan psikis termasuk mental penggunanya.

Baca Juga: Demi Cegah Bunuh Diri, Facebook Siapkan Kecerdasan Buatan

3. Snapchat

Aplikasi Kontroversial

Foto: ytimg.com

Mirip dengan FaceApp, Snapchat juga sempat menarik perhatian karena mengeluarkan filter yang dapat mengubah wajah pengguna seperti karakter anime. Namun filter yang ditampilkan dianggap menyinggung stereotip fisik yang biasanya ada di orang-orang Asia.

Sama dengan FaceApp, Snapchat juga langsung menarik filter tersebut. Sebelumnya, layanan ini juga sempat menuai protes karena menghadirkan filter khusus Bob Marley yang dianggap terlalu menekankan hubungan penyanyi tersebut dengan ganja ketimbang warisan musiknya.

Layanan ini juga sempat diboikot oleh pengguna di wilayah India. Alasannya, sempat ada bocoran dari karyawan Snap yang mengungkap CEO Snap Inc Evan Spiegel menyebut layanan ini hanya ditujukan untuk orang kaya dan tak ingin mengembangkannya untuk negara miskin, seperti India dan Spanyol.

4. Ashley Madison

Aplikasi Kontroversial

Foto: fortunedotcom.files.wordpress.com

Aplikasi ini kontroversial karena pengembang sengaja menghadirkannya sebagai sarana kencan khusus bagi mereka yang ingin selingkuh dari pasangan masing-masing. Ashley Madison pun dilaporkan berhasil menjaring banyak pengguna.

Akan tetapi, layanan ini ternyata bukannya tanpa masalah. Pada 2015, Ashley Madison menjadi serangan siber oleh kelompok yang mengaku bernama The Impact Man. Setelah aksi tersebut, data-data pribadi pengguna layanan ini segera beredar di internet.

Menurut para peretas, aksi pembobolan ini dilakukan karena perusahaan induk Ashley Madison, Avid Life Media, telah melakukan perdagangan manusia atau prostitusi terselubung bagi para orang kaya untuk mendapatkan seks.

5. AyoPoligami

Aplikasi Kontroversial

Foto: Tribunnews.com

Ternyata, aplikasi asal Indonesia pun turut menuai kontroversi. Baru-baru ini muncul aplikasi yang menuai perhatian publik, yakni AyoPoligami. Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan sarana pencarian jodoh bagi pengguna yang tertarik yang melakukan poligami.

“AyoPoligami.com adalah platform yang berusaha mempertemukan pengguna prianya dengan wanita yang bersedia membuat ‘keluarga besar’ dari satu suami. Para lajang

Baca Juga: Wow! Ternyata Begini Rahasia Diet Model Victoria’s Secret

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

TEKNO

WhatsApp Buat Fitur Baru Yaitu WhatsApp Payment

mm

Published

on

By

Aplikasi WhatsApp saat ini sedang mengembangkan fitur terbarunya untuk memungkinkan pengguna untuk saling mengirim uang. Nama fitur ini yaitu WhatsApp Payment yang sedang diuji coba ke ratusan pengguna di India sejak Kamis (9/2/2018).

WhatsApp Payment ini hanya muncul di aplikasi WhatsApp beta versi 2.18.41. Pembayaran ini berbasis pada Unifield Payment Interface (UPI) yaitu sebuah solusi real-time untuk transaksi yang dirancang oleh National Payment Corporation of India.

Pengujian fitur ini sudah dilakukan di India sejak Agustus 2017 lalu. Sehingga dapat dikatakan fitur ini tampaknya eksklusif untuk user di India dan dirancang khusus untuk melayani transaksi pengguna di Asia Selatan.

Sebelum menggunakannya kalian harus menyetujui semua syarat dan kebijakan privasi. Bentuk transaksi pun harus di konfirmasi menggunakan PIN yang dibuat saat akan melakukan transfer dana, kecuali jika kalian sudah memiliki akun UPI.

Baca Juga : Lima Aplikasi Pola Hidup Sehat Untuk Bantu Jalani Harimu

Jika kalian mencari pengaturan itu, maka kalian tidak akan mendapatkannya. Karena harus memerlukan prosedur pendaftaran terpisah melalui situs web atau aplikasi mobile UPI.

WhatsApp Payment juga dapat digunakan di lintas platform contonya Android ke iOS atau sebaliknya, asalkan keduanya menggunakan dan menjalankan aplikasi di versi beta yang sama.

Untuk layanan kirim dana dapat diakses melalui antar muka di layar obrolan yang terletak di bawah tab ‘Attachments’.

WhatsApp Payment diluncurkan untuk pemilik usaha kecil awalnya

WhatsApp Payment

Sebelumnya fitur ini diluncurkan untuk para pengguna pemilik usaha kecil agar dapat berkomunikasi dengan pelanggan.

WhatsApp Business menginzinkan informasi tambahan untuk halam profil, seperti deskripsi bisnis, email atau alamat toko, atau situs web yang dapat membantu pelanggan terhubung kepada penjual.

Selain itu juga dilengkapi dengan alat perpesanan yang memungkinkan pengguna mengirim balasan instan untuk memberikan jawaban cepat atas pertanyaan yang sering diajukan dan menyapa untuk memperkenalkan diri.

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading

ETALASE

Lima Aplikasi Pola Hidup Sehat Untuk Bantu Jalani Harimu

mm

Published

on

Aplikasi Pola Hidup Sehat

Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi telah membuat hidup semakin mudah, terlebih dengan adanya smartphone. Banyak aplikasi yang dapat membantu kita untuk beraktivitas, termasuk aplikasi pola hidup sehat.

Aplikasi pola hidup sehat belakangan ini menjadi semakin populer. Aplikasi ini dapat membantu kita hidup sehat tanpa harus mengunjungi dokter maupun tempat kebugaran. Terlebih bagi orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Mereka hanya tinggal melihat layar smartphone-nya, tanpa harus menghabiskan banyak waktu.

Dengan banyaknya aplikasi pola hidup sehat yang ada, aplikasi mana saja yang paling baik? Bandungku merekomendasikan lima aplikasi pola hidup sehat terbaik. Berikut ulasannya, dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, Senin (12/02/2018).

1. Menurunkan Berat Badan 30 Hari

Aplikasi pola hidup sehat yang pertama adalah Menurunkan Berat Badan 30 Hari. Dalam aplikasi ini, disiapkan program latihan dan diet untuk membantu anda menurunkan berat badan dalam 30 hari. Mengikuti program ini, anda dapat dengan mudah menurunkan berat badan dan membuat tubuh anda lebih indah.

Setiap hari, anda akan meningkatkan beban latihan. Siapa pun dapat melakukan mereka di mana saja. Mulai dengan program diet dan menjaga makanan dengan menu 30 hari dan lakukan latihan ini untuk membakar lemak. Terdapat hari istirahat untuk mengembalikan energi dan fitur reminder untuk memotivasi, juga ada progres berat badan dan pembakaran kalori melalui fitur results.

2. Sleep as Android

Sleep as Android direkomendasikan untuk anda yang sering berasa letih saat bangun pada pagi hari. Tanpa perlu menggunakan jam tangan pintar, anda bisa men-track fase tidurmu dengan mudah.

Untuk para lelaki, aplikasi ini juga mendeteksi waktu saat kamu mulai mendengkur dan menganalisis kualitas tidurmu. Menarik bukan?

Baca Juga: Ini 5 Aplikasi Kontroversial Smartphone, Nomor 5 dari Indonesia!

 3. Twilight

Aplikasi ini direkomendasikan untuk anda yang sering menatap ponsel sebelum tidur. Bila digunakan secara rutin, mata Aada akan menjadi tidak terlalu lelah.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Cukup memasukkan jam terbit dan tenggelam matahari di zona waktu dan Twilight akan menyesuaikan warna layar dari waktu ke waktu.

 4. Pengingat Waktu Minum Air – Water Drink Reminder

Dengan pilihan delapan macam gelas untuk anda gunakan, aplikasi ini membantu anda terbiasa untuk minum secara teratur serta merekam kegiatan minum dengan akurat. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi di ponsel sehingga anda seakan-akan memiliki seseorang yang memperhatikan kesehatan secara rutin.

5. Habit Tracker

Habit juga dilengkapi dengan poster kata-kata motivasi serta rewards setiap kali anda berhasil mencapai target. Bayangkan saja aplikasi ini seakan-akan anda sedang bermain gim. Tantang diri anda untuk menyelesaikan berbagai misi dan hadiahi diri anda jika berhasil menyelesaikan tugas.

Aplikasi ini membantu anda mencapai resolusi hidup, tulis target dan track kegiatan anda setiap hari. Anda juga bisa mengatur jenis aktivitas, seberapa sering ingin melakukannya serta mengaktifkan fitur reminder. Terdapat rangkuman data yang menunjukkan seberapa sukses anda menjalankan resolusi yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Ternyata 7 Jenis Penyakit yang Berkaitan dengan Emosi

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading

TEKNO

Siapakah Paula Modersohn-Becker yang Jadi Google Doodle Hari Ini ?

mm

Published

on

By

Hari ini Kamis (8/2/2018) halaman pencaharian Google menampilkan ilustrasi sosok wanita yang disekelilingnya tampak beberapa lukisan. Ternyata google doodle tersebut adalah Paula Modersohn-Becker yang merupakan seorang pelukis.

Paula Modersohn-Becker merupakan pelukis muda asal Jerman yang lahir pada tanggal 8 Februari 1876. Ia dikenal sebagai salah satu seniman ekspresionis yang berani mengungkapkan keberanian, ambisi, ketegasan dan perasaannya sendiri ke dalam lukisannya.

Lukisan yang ia perkenalkan kepada dunia saat itu menggunakan konsep modernism sebuah ide baru yang menggerus berbagai metode tradisional di masa lalu.

Bahkan ia merupakan salah satu pelukis wanita pertama yang melukis dirinya sendiri tanpa menggunakan busana.

Puncak kreatif di masa karirnya di tahun 1906, karena pada tahun tersebut ia dapat menghasilkan lebih dari 80 lukisan.

Makna Lukisan Diri Sendiri Paula Modersohn-Becker

Lukisan diri sendiri tanpa busana ini ia buat saat ulang tahun pernikahannya yang keenam serta setahun sebelum ia meninggal dunia. Dalam lukisan tersebut ia menuliskan ‘PB’ untuk Paula Becker nama gadisnya dan mengambaikan Modershon yaitu nama yang ia dapatkan setelah menikah.

Paula Modersohn-Becker

Dalam lukisan yang dibuat tanggal 25 Mei 1906 ini bukan hanya sekedar potret diri yang tanpa busana melainkan sebuah deklarasi pembebasan. Yang tidak hanya dari ikatan dan tugas pernikahan tetapi sebagai gambaran dari apa yang ia rasakan saat itu.

Lukisan yang sedang hamil ini bukan hanya melahirkan anak, namun ingin menggambarkan bahwa dirinya yang dewasa, mandiri, dan artistik. Ia ingin mengekspresikan bahwa seorang wanita yang mampu melindungi dirinya sendiri dari perangkap pernikahan. Selain itu menggambarkan wanita yang tidak memerlukan pria untuk melengkapinya.

Sehingga lukisannya tersebut memberikan kesetaraan hubungan antara pelukis wanita dan pria. Karena pada saat itu wanita dijadikan objek seksual dan merupakan model (lukisan) yang dapat dibeli dengan uang. Namun melalui lukisannya Paula Modersohn-Becker membantah paham tersebut.

Gambar tersebut secara implisit menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi. Lukisan itu menggambarkan wanita yang berani menatap secara langsung dan tidak kenal takut.

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading

Trending