Ini 5 Aplikasi Kontroversial Smartphone, Nomor 5 dari Indonesia! - Bandungku
Connect with us

TEKNO

Ini 5 Aplikasi Kontroversial Smartphone, Nomor 5 dari Indonesia!

mm

Published

on

Aplikasi Kontroversial

Aplikasi sudah seperti ‘nyawa’ bagi keberadaan smartphone. Bagaimana tidak, aplikasi bisa disebut salah satu penyebab utama mengapa kebanyakan orang menggunakan smartphone. Kegunaannya yang beragam, sangat membantu orang-orang untuk menjalani aktivitasnya. Namun, ternyata masih terdapat cukup banyak pula aplikasi kontroversial.

Alasan mengapa aplikasi tersebut disebut kontroversial bermacam-macam. Bisa karena layanan yang di tawarkannya, ataupun dianggap menyakiti kelompok tertentu. Namun, tak dapat dipungkiri kehadiran aplikasi kontroversial itu memberi warna tersendiri bagi perkembangan teknologi di dunia.

Dengan munculnya kontroversi tersebut, tak sedikit pula aplikasi yang ditarik kembali ataupun diblokir. Lantas apa saja perangkat lunak yang dianggap sebagai aplikasi kontroversial? Berikut lima aplikasi kontroversial yang pernah maupun masih ada, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (01/11/2017).

 

1. FaceApp

Aplikasi Kontroversial

Foto: ytimg.com

Aplikasi yang menyediakan layanan edit foto ini cukup digandrungi karena kemampuannya yang bisa mengubah foto seseorang. Namun fitur anyar yang dirilis FaceApp beberapa waktu lalu ternyata menuai protes.

Hal itu dikarenakan aplikasi ini menghadirkan fitur bernama “Ethnicity Change Filters”. Fitur ini menyediakan sejumlah pilihan filter warna kulit, seperti Black, Asian, Indian, hingga Caucasian.

Mengingat banyaknya protes, filter ini akhirnya resmi ditarik oleh FaceApp pertengahan bulan ini. Sebelumnya, fitur lain yang juga menuai protes adalah “Spark”, karena memungkinkan mengubah wajah seseorang termasuk warna kulitnya.

2. I-Doser

Aplikasi Kontroversial

Foto: scdn.co

Aplikasi ini sempat naik daun pada 2015 karena disebut-sebut merupakan narkoba digital. I-Doser mengeluarkan layanan gelombang suara yang dapat menstimulasi otak dan membuat pendengarnya ketagihan seperti memakai narkoba.

Namun kabar itu langsung dibantah oleh Badan Narkotika Nasional. Setelah dilakukan penyelidikan mendalam terhadap aplikasi tersebut, BNN menemukan tak ada hal berbahaya dari I-Doser.

Meski dapat dipastikan tak berbahaya, BNN tetap meminta pengguna berhati-hati terhadap aplikasi ini. Sebab, suara yang dikeluarkan oleh aplikasi kontroversial ini dapat menstimulus otak dan mengubah keadaan psikis termasuk mental penggunanya.

Baca Juga: Demi Cegah Bunuh Diri, Facebook Siapkan Kecerdasan Buatan

3. Snapchat

Aplikasi Kontroversial

Foto: ytimg.com

Mirip dengan FaceApp, Snapchat juga sempat menarik perhatian karena mengeluarkan filter yang dapat mengubah wajah pengguna seperti karakter anime. Namun filter yang ditampilkan dianggap menyinggung stereotip fisik yang biasanya ada di orang-orang Asia.

Sama dengan FaceApp, Snapchat juga langsung menarik filter tersebut. Sebelumnya, layanan ini juga sempat menuai protes karena menghadirkan filter khusus Bob Marley yang dianggap terlalu menekankan hubungan penyanyi tersebut dengan ganja ketimbang warisan musiknya.

Layanan ini juga sempat diboikot oleh pengguna di wilayah India. Alasannya, sempat ada bocoran dari karyawan Snap yang mengungkap CEO Snap Inc Evan Spiegel menyebut layanan ini hanya ditujukan untuk orang kaya dan tak ingin mengembangkannya untuk negara miskin, seperti India dan Spanyol.

4. Ashley Madison

Aplikasi Kontroversial

Foto: fortunedotcom.files.wordpress.com

Aplikasi ini kontroversial karena pengembang sengaja menghadirkannya sebagai sarana kencan khusus bagi mereka yang ingin selingkuh dari pasangan masing-masing. Ashley Madison pun dilaporkan berhasil menjaring banyak pengguna.

Akan tetapi, layanan ini ternyata bukannya tanpa masalah. Pada 2015, Ashley Madison menjadi serangan siber oleh kelompok yang mengaku bernama The Impact Man. Setelah aksi tersebut, data-data pribadi pengguna layanan ini segera beredar di internet.

Menurut para peretas, aksi pembobolan ini dilakukan karena perusahaan induk Ashley Madison, Avid Life Media, telah melakukan perdagangan manusia atau prostitusi terselubung bagi para orang kaya untuk mendapatkan seks.

5. AyoPoligami

Aplikasi Kontroversial

Foto: Tribunnews.com

Ternyata, aplikasi asal Indonesia pun turut menuai kontroversi. Baru-baru ini muncul aplikasi yang menuai perhatian publik, yakni AyoPoligami. Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan sarana pencarian jodoh bagi pengguna yang tertarik yang melakukan poligami.

“AyoPoligami.com adalah platform yang berusaha mempertemukan pengguna prianya dengan wanita yang bersedia membuat ‘keluarga besar’ dari satu suami. Para lajang

Baca Juga: Wow! Ternyata Begini Rahasia Diet Model Victoria’s Secret

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

ETALASE

Tips Agar Belanja Hemat di Harbolnas 2017

mm

Published

on

By

Hari ini 12 Desember 2017 diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang akan ada 255 e-commerce ikut berpartisipasi memeriahkan hari diskon online. Namun tidak sedikit masyarakat yang pesimis dengan adanya diskon yang ditawarkan mengingat bahwa tahun lalu ada e-commerce yang menjadikan Harbolnas sebagai gimmick saja. Oleh karena itu warga Bandung jangan sampai lengah dengan diskon yang ditawarkan.

harbolnas

Untuk mencegah hal tersebut, kita akan memberikan tips untuk belanja hemat di Harbolnas sekarang. Bahkan setiap situs belanja online menawarkan diskon hingga 95%. Tapi ingat ya warga Bandung jangan sampai tertipu dengan beragam potongan harga tersebut.

Tips Belanja Hemat Harbolnas 2017

1. Harus mengetahui situs yang dituju dengan baik

Berbagai macam barang yang ditawarkan seperi peralatan rumah tangga, gadget, sepatu, baju bahkan kosmetik, dll. Dengan banyaknya barang yang ditawarkan kalian harus mengetahui barang apa yang dibutuhkan dan situs mana yang akan kalian tuju.

Setiap potongan harga yang diberikan hingga 95% pastinya aka nada situs yang mempunyai reputasi yang baik dengan mempunyai produk berkuallitas serta pengiriman pesanan yang lancar.

2. Jangan tergiur dengan diskon

Warga Bandung jangan sampai tergiur dengan potongan harga yang ditawarkan dulu. Karena belum tentu apakah barang yang ditawarkan dalam kondisi yang bagus bukan menipu. Kalian juga harus mencoba cek apakah diskon tersebut seudah masuk akal dengan barang yang ditawarkan dan yang pasti harus sesuai dengan kebutuhan.

3. Selalu mengecek situs lain

Jika kalian ingin membeli barang yang dibutuhkan ada baiknya kalian harus mengecek situs lain. Selain untuk membandingkan harga, namun juga kualitas dan testimoni dari pelanggan harus dicek. Sehingga kalian bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan kualitas yang bagus.

4. Berbelanja menggunakan koneksi internet sendiri

Faktor keamanan merupakan salah satu yang harus diperhatikan. Ada baiknya kalian menggunakan koneksi internet atau komputer sendiri apalagi jika kalian melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

5. Ada fitur nego

Salah satu e-commerce Bukalapak misalnya menyediakan fitur nego untuk kalian yang ingin mendapatkan diskon yang lebih besar. Setiap orang akan diberikan kesempatan untuk menego sebanyak tiga kali. Apabila kalian ingin mendapatkan harga miring fitur yang satu ini dapat kalian coba.

6. Perhatikan cara pembayaran

Banyak cara pembayaran yang ditawarkan oleh situs e-commerce. Diantaranya transfer, kartu kredit atau dengan e-wallet. Perhatiakan cara pembayaran tersebut agar dapat tambahan potongan harga.

7. Membuat budgeting

Jangan sampai keasyikan belanja namun kalian sampai lupa membuat budgeting karena keasyikan menikmati diskon di Harbolnas. Hal ini sangat penting ya warga Bandung agar kalian tetap bisa saving money. Selamat berbelanja!

Baca Juga : Fitur DM Instagram Akan Dipisahkan?

 

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading

TEKNO

Fitur DM Instagram Akan Dipisahkan?

mm

Published

on

Fitur DM Instagram

Direct Message (DM) di Instagram merupakan salah satu fitur yang cukup disukai para penggunanya. Namun, kabarnya fitur DM Instagram tersebut akan digantikan dengan aplikasi terpisah.

Dilansir CNN Indonesia, Instagram dikabarkan tengah menguji fitur berkirim pesan pribadi Direct sebagai aplikasi terpisah. Uji coba aplikasi itu akan menggantikan fitur DM Instagram.

Aplikasi terpisah itu nampaknya akan bekerja serupa dengan Snapchat. Saat membuka kamera, maka pengguna bisa langsung mengirimkan foto atau video secara pribadi ke teman-temannya.

Jika telah meng-install Direct, pesan yang dikirimkan melalui aplikasi Instagram akan menghilang, tapi tetap bisa diakses melalui aplikasi terpisah tersebut. Pengguna yang sudah mengunduh aplikasi Direct, maka ikon DM Instagram akan hilang dalam akun mereka.

Mengutip The Verge seperti dilansir CNN Indonesia, tampilan Direct hanya akan tersaji dalam tiga buah layar. Tampilan yang muncul pertama kali adalah kamera, dan jika menggeser layar ke kiri akan nampak opsi pengaturan dan navigasi lain. Kotak pesan pribadi pada platform ini berada pada layar sebelah kanan.

Pengguna dapat menggeser layar ke kanan dari layar pesan pribadi Direct untuk mengakses akun Instagram mereka. Pada Instagram, pengguna dapat menggeser layar ke kanan untuk mengakses Direct dan muncul dalam bentuk ikon pesawat kertas. Seperti diketahui, ikon pesawat kertas itu selama ini menjadi ikon DM Instagram.

Baca Juga: Ini 5 Aplikasi Kontroversial Smartphone, Nomor 5 dari Indonesia!

Product Manager Instagram, Hemal Shah menegaskan visi perusahaan membuat media berkirim pesan yang terpisah untuk meningkatkan efektivitas komunikasi pengguna. Karena efektivitas itu tidak akan berjalan dengan sempurna jika digabungkan dalam satu aplikasi yang ditujukan untuk publik.

“Kami ingin Instagram jadi tempat pengguna menyimpan semua momen penting, dan jalur komunikasi pribadi untuk berbagi momen itu dengan orang-orang terdekat menjadi salah satu bagian penting,” ungkap Hemal.

Namun, kehadiran Direct akan berpotensi membuat pengguna repot karena harus bolak-balik membuka dua aplikasi berbeda. Yang mana hal tersebut dulu bisa digabung dalam satu platform. Hal serupa sempat dilakukan oleh Path, meski akhirnya layanan media sosial itu menggabungkan Path Messenger dengan aplikasi inti mereka.

Kehadiran Direct dapat menjadi pisau bermata dua bagi Instagram. Berdasarkan pengamatan Techcrunch awal tahun ini, fitur Instagram Stories membuat penurunan jumlah pengguna Snapchat. Dan bukan tidak mungkin kehadiran Direct akan menghasilkan efek yang sama pada mereka.

Aplikasi pengganti DM Instagram ini baru bisa digunakan pengguna iOS dan Android di Uruguay, Chili, Turki, Italia, Portugal dan Israel.

Baca Juga: Aplikasi FEWEAS, Teknologi Baru Untuk Kurangi Risiko Banjir Citarum

0 Pelanggan (0 votes)
Kebersihan0
Kenyamanan0
Interior0
Menu0
Harga0
Apa yang orang katakan... Berikan Penilaianmu
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Berikan Penilaianmu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading

CITY NEWS

Aplikasi FEWEAS, Teknologi Baru Untuk Kurangi Risiko Banjir Citarum

mm

Published

on

By

Aplikasi FEWEAS

Sebuah aplikasi baru telah diluncurkan untuk mengurangi risiko banjir Sungai Citarum. Adalah aplikasi FEWEAS yang merupakan hasil kerjasama ITB, IFRC, PMI, dan Zurich Insurance Indonesia (ZII).

Aplikasi FEWEAS ini merupakan singkatan dari Flood Early Warning and Early Action System. Aplikasi ini berfungsi sebagai suatu sistem peringatan dini dalam upaya mengurangi risiko banjir Citarum.

Nantinya, aplikasi FEWEAS akan dikelola oleh dengan Perum Jasa Tirta 2, BBWS, BPBD Jawa Barat, dan Pemprov Jabar. Mereka akan bahu-membahu mengelola pemanfaatan FEWEAS untuk mitigasi risiko banjir bagi masyarakat yang bermukim di Daerah Aliran Sungai Citarum.

Baca Juga: Bekraf Festival 2017, Membangun Ekonomi Kreatif Indonesia

Dilansir Tribunnews.com, Ketua tim peneliti ITB, Armi Susandi mengatakan aplikasi FEWEAS Citarum ini dibangun menggunakan sistem tercanggih. Sehingga akan memberikan informasi prediksi cuaca ekstrem dan banjir yang sedang dan akan terjadi. Informasi tersebut diberikan sistem secara tepat untuk tiga hari ke depan, khususnya untuk Daerah Aliran Sungai Citarum.

“Selain prediksi cuaca dan genangan, FEWEAS Citarum juga menyediakan  prediksi curah hujan jangka panjang hingga lima tahun ke depan.” ujar Armi dalam sambutannya, dilansir  Tribunnews.com pada kegiatan pelatihan peringatan dini mitigasi risiko banjir Citarum dan peluncuran aplikasi FEWEAS Citarum, di Novotel Hotel, Cihampelas, Bandung, Senin ( 11/12/2017).

Menurutnya, peringatan banjir sendiri dihasilkan dari kombinasi antara prediksi cuaca dengan prediksi genangan resolusi dan ketepatan tinggi. Sehingga hasil tersebut dapat dimanfaatkan untuk prediksi banjir jangka panjang juga untuk antisipasi kekeringan.

Sementara itu, Asisten Daerah II, Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat, Eddy Iskandar Muda Nasution mengatakan sangat mengapresiasi dengan diluncurkannya aplikasi FEWEAS Citarum ini. Ia jugaberharap aplikasi ini dapat membantu menanggulangi dan mengantisipasi risiko jatuhnya korban dari bencana banjir.

“Citarum merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat juga kerap menjadi bencana bagi masyarakat di Jabar, oleh karena itu diharapkan adanya FEWEAS Citarum ini dapat menjadi solusi mitigasi dan penanggulangan risiko bencana di sungai Citarum,” ujarnya.

Baca Juga: Kota Bandung Aman dari Wabah Difteri

Continue Reading

Trending